• Assalamualaikum team mediskus

    Akhir2 ini kk sering merasakan kram perut yg kadang di sertai sakit pinggang bila lelah. Biasanya terjadi setiap habis berpergian (naik motor), oh ya usia kk sekarang 41th.

    Apakah wajar ? Selama ini cukup istirahat sudah hilang, hanya iseng baca2 koq malah takut karena merujuk ke penyakit yang lebih berbahaya.

    Terima kasih :)

    Waalaikum salam ww wb. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kram perut disertai nyeri pinggang merupakan keluhan yang bisa terjadi karena beberapa hal. Keluhan ini bisa dialami oleh semua usia. Penyebabnya bisa karena gangguan dari luar tubuh atau akibat adanya penyakit yang menyerang organ dalam tubuh. Karakteristik nyeri yang dirasakan dan juga keluhan penyerta dapat membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab. Sayang nya dalam keterangan yang anda sampaikan masih belum diceritakan secara detail mengenai keluhan tersebut. Sebagai informais untuk anda, berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan kram perut dan juga nyeri pinggang yaitu antara lain karena :

    1.       Gangguan muskuloskeletal atau gangguan pada otot, tulang ataupun sendi bisa menyebabkan keluhan seperti yang kakak anda alami. Penyebabnya beraneka ragam bisa karena trauma atau benturan, aktivitas atau posisi kerja yang kurang baik misalnya duduk terlalu lama, posisi duduk yang kurang baik dan masih banyak lagi. Ada beberapa pekerjaan yang beresiko tinggi mengalami keluhan ini antara lain supir mobil, pengendara motor, penjahit dan masih banyak lagi.

    2.       Infeksi saluran cerna juga bisa menyebabkan kram perut. Biasanya disertai keluhan lainnya yang terkait masalah pencernaan misal mual, muntah, gangguan BAB dan lainnya

    3.       Infeksi ataupun batu saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan yang sama.

    4.       Penyebab lainnya

    Ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung agar dapat mengidentifikasi bagian tubuh mana yang terkena serta penyebabnya. Terapi yang diberikan tergantung penyebabnya sehingga yang terpenting saat ini adalah memastikan penyebabnya terlebih dahulu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kram Perut Disertai Sakit Pinggang

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.