• Assalamu’alaikum Wr.Wb

     

    Siang dok, nama saya Muhammad Abdul S Biasa di panggil Abdul umur saya 17thn.

     

    Saya mengalami kuku cantengan dok & mengeluarkan bau yg tak sedap.

    Awalnya kaki kedua setelah jempol saya tergencet / kegencet dok. awalnya rasa sakit gk terlalu lalu saya abaikan , sudah 1 minggu keluar nanah dok. apakah itu cantengan ?

    Trus cara mengobati nya gmn ya dok ?

    Terimakasih

    Wassalamualaikum wr.wb : )

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Cantengan atau disebut juga sebagai paronikia merupakan suatu penyakit infeksi yang terjadi pada kuku dan jaringan di sekitar kuku. Penyebab utamanya karena infeksi bakteri. Faktor risiko penyakit ini yakni pada individu yang memiliki kebiasaan menggunting kuku terlalu dalam sehingga menimbulkan luka atau trauma pada kulit sekitar kuku, kebiasaan menggigit kuku, hingga iritasi kronis akibat air atau detergen atau karena penggunaan alas kaki yang terlalu sempit.

    Gejala yang muncul akibat cantengan antara lain berupa bengkak, merah, nyeri hingga timbul nanah di bagian tepi kuku atau di bawah kuku. Kuku pun kadang ikut terpengaruh berupa perubahan warna kuku, kuku menjadi rapuh dan terlepas dari bantalan kuku. Ada beberapa upaya yang dilakukan untuk mengatasi keluhan antara lain dengan pemberian antibiotik untuk menghilangkan bakteri penyebab. Selain itu bisa diberikan obat simptomatik misalnya obat anti nyeri dan radang. Beberapa kasus juga perlu dilakukan tindakan ekstraksi kuku atau dilepasnya kuku dari bantalannya. Hal ini dilakukan jika infeksi sudah menyerang kuku dan membuat kuku nekrosis dan mati. Namun ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Obat – obatan sebaiknya dikonsumsi atas anjuran dokter yang memeriksa langsung anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cantengan Jempol Kaki

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kuku Cantengan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.