• Kuku terlalu pendek dan infeksi..kuku saya sakit dok karna memotong nya terlalu pendek dan sudah bernanah..┬áBagaimana ya dok,,??

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kebiasaan memotong kuku yang terlalu pendek atau dalam sering menimbulkan infeksi pada kulit di sekitar kuku atau biasa disebut paronikia dalam istilah kedokteran. Paronikia atau cantengan bisa disebabkan akibat infeksi bakteri , jamur atau kombinasi keduanya. Gejala yang muncul berupa nyeri pada area sekitar kuku yang bermasalah, peradangan atau bengkak di area tersebut, merah, kadang disertai nanah, bahkan jika infeksi menyebar ke kuku dapat membuat kuku mengalami nekrosis dan terlepas dari bantalan kukunya.

    Pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi paronikia atau cantengan antara lain dengan memberikan antibiotik jika disebabkan karena bakteri disertai obat simptomatik lainnya misal paracetamol atau asam mefenamat untuk menghilangkan nyeri dan bengkak, kadang juga bisa diberikan kortikosteroid. Namun jika diakibatkan oleh jamur maka perlu anti jamur untuk mengatasinya. Jika kuku juga terinfeksi serta terbentuk abses maka perlu dilakukan drainase untuk mengeluarkan nanah serta kadang perlu dilakukan ekstraksi atau pencabutan kuku. Namun yang terpenting adalah hindari memotong kuku terlalu dalam agar keluhan tak bertambah parah serta mencegah kekambuhan.

    Silakan periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kuku Sakit dan Bernanah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.