• kulit disekitar hidung berubah warna. apa peyebabnya?

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Informasi yang anda sampaikan sebenarnya kurang detail sehingga sulit untuk mengerucutkan penyebab keluhan anda ke arah tertentu. Sebaiknya disampaikan seperti apa perubahan warna yang terjadi pada area hidung anda, di bagian mana dari hidung, adakah keluhan lain yang dirasakan seperti nyeri, gatal dan lain sebagainya serta sudah berapa lama keluhan dirasakan. Perubahan warna pada kulit sebenarnya sangat banyak penyebabnya. Perubahan warna pun beraneka macam mulai dari berubah menjadi berwarna putih, kehitaman, kemerahan, ataupun berwarna kebiruan.

    Perubahan warna pada hidung bisa disebabkan antara lain:

    1. Hidung berwarna kemerahan bisa terjadi karena pelebaran pembuluh darah kapiler sekitar hidung, karena faktor iritasi, infeksi, peradangan dan lain sebagainya.
    2. Hidung berwarna kehitaman bisa disebabkan karena flek pada kulit yang bisa timbul karena sinar matahari, pengaruh hormonal, bekas luka, keturunan dan sebagainya.
    3. Hidung berwarna putih bisa disebabkan karena infeksi jamur misalnya pitiriasis versicolor (panu), atau karena sebab lainnya misal vitiligo, pitiriasis alba, morbus hansen atau kusta dan masih banyak lagi.
    4. Hidung berwarna kebiruan bisa terjadi karena lebam akibat benturan atau trauma, pembuluh darah yang pecah dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda maka harus dilakukan pemeriksaan secara langsung. Silakan konsultasi langsung ke dokter sehingga dapat mendapat penjelasan lebih detail.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kulit Disekitar Hidung Berubah Warna

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.