• Dok, saya mau bertanya. Kulit saya bbrp hari ini terasa perih di bagian leher, ternyata pas saya pegang kulit seperti mengkerut dan terasa perih. Setelah itu saya coba mengoleskan lotion baby ke leher saya dan besoknya sudah tidak terasa perih lagi.

    Tetapi setelah 2 hari, hal yg sama saya rasakan di pundak kanan dan Kiri saya. Kulitnya mengkerut, perih, panas dan mulai timbul bintik kemerahan dok.

    Kira2 penyakit kulit apa yg saya alami ya dok? Dan bagaimana Cara pengobatan nya??

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kulit banyak sekali dirasakan mulai dari rasa gatal, kulit mengalami penebalan, perih, bintik bintik – bintik merah dan masih banyak lagi. Keluhan ini juga bukan merupakan gejala yang khas untuk satu penyakit tertentu sehingga sebenarnya perlu penggalian informasi secara lebih detail disertai pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang pada kulit guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan yang anda alami yaitu antara lain:

    1. Karena xerosis kutis atau kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan keluhan gatal yang sangat mengganggu.
    2. Dermatitis kontak iritan juga bisa menyebabkan kulit terasa perih, menebal, dan gatal. Penyakit ini terjadi akibat kontaknya kulit dengan bahan – bahan yang mengiritasi misal krim, minyak, wool dan masih banyak lagi.
    3. Dermatitis kontak alergi memiliki gejala yang mirip dengan dermatitis kontak iritan. Namun gejala gatal memiliki keluhan yang paling dominan.
    4. Miliaria juga bisa menyebabkan keluhan gatal disertai bintik – bintik kecil. Keluhan ini bisa terjadi karena keringat yang berlebihan.
    5. Penyebab lainnya

    Tatalaksana yang diberikan tergantung diagnosis penyakitnya. Oleh karena itu silakan memeriksakan langsung ke dokter agar bisa dilihat gambaran klinis nya secara langsung.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kulit Kering, Mengkerut Perih dan Bintik Merah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.