• Malam dok….mau tanya ini masalah kulit wajah…..saya bingung dok sudah pakai berbagai macam produk tapi wajah saya masih saja kusam kering dan komedo….ada solusi gak dok….makasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Komedo merupakan salah satu bentuk ringan dari jerawat (acne vulgaris). Hampir tiap orang pernah memiliki masalah dengan komedo. Komedo terbentuk akibat sumbatan minyak, sel kulit mati, dan juga bakteri di pori-pori wajah kita. Ada beberapa upaya untuk menghilangkan komedo antara lain:

    1. Mencuci wajah dengan bersih terutama sehabis bepergian ataupun sebelum tidur. Mencuci wajah sebaiknya tidak lebih dari 2 kali perhari karena malah akan membuat kulit wajah menjadi kering jika dicuci secara berlebihan.
    2. Menggunakan krim yang mengandung benzoil peroksida. Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan komedo hingga jerawat yang membandel.Fungsi benzoil peroksida untuk membunuh bakteri yang tumbuh di permukaan kulit serta membantu menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Namun penggunaan obat ini harus hati – hati dan tak berlebihan agar tak membuat keluhan berupa rasa perih, gatal, kulit menjadi kering dan kemerahan.
    3. Menggunakan krim yang mengandung asam salisilat juga dapat membantu menghilangkan komedo.
    4. Menggunakan krim retinoid menjadi salah satu cara menghilangkan komedo. Namun hati – hati penggunaan krim ini agar tak menimbulkan iritasi dan kemerahan kulit. Retinoid sebaiknya tidak diberikan untuk ibu hamil.
    5. Ekstraksi atau pengangkatan komedo bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo yang menyumbat namun gunakan ekstraktor komedo yang steril dan jaga kebersihan kulit sebelum melakukan tindakan pengangkatan komedo.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Solusi Kulit Wajah Kusam Kering dan Berkomedo

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.