• Halo, Dok ! Namaku Tamara, umur mau 12. Jadi gini nih, aku sering kunang2. Udah setiap hari begini. Parah sekali dan bikin aku jongkok bentar dan menutup mataku. Aku takut sekali. Katanya, kekurangan darah tapi aku belum yakin cuman kekurangan darah aja, Dok. Sebenarnya, ini udah 2 tahun mengalami ini tapi Keluarga ku hanya bilang biasa aja. Aku takut dan khawatir.

    Penyakit ala ya Dok ? Ini udah mau menangis jika ada kunang2 nya setiap saat.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan berkunang – kungang atau terasa seperti sempoyongan bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain karena:

    1.       Vertigo. Penyakit ini memiliki gejala klinis berupa sakit kepala yang terasa pusing berputar atau pandangan tampak berkunang – kunang. Pasien sering merasa sempoyongan atau pusing 7 keliling sehingga pasien seperti ingin menutup mata guna mengurangi keluhan yang dirasakan.

    2.       Tekanan darah rendah atau hipotensi juga bisa menyebabkan keluhan pangdangan berkunang- kunang dan sempoyongan. Begitupun dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa memberikan keluhan yang sama sehingga pasien perlu melakukan pemeriksaan tekanan darah untuk memastikan apakah keabnormalan tekanan darah menjadi penyebabnya.

    3.       Anemia atau kekurangan sel darah merah juga bisa menyebabkan keluhan yang sama. Anemia bisa disebabkan oleh banyak hal misalnya karena kekurangan zat besi pada seseorang yang diet ketat, wanita yang sedang mens dan lain sebagainya. Anemia juga bisa karena penyakit tertentu misal gangguan ginjal, malaria dan lain sebagainya.

    4.       Penyebab lainnya

    Silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna mengidentifikasi penyebab keluhan anda. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan itu sendiri.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kunang-kunang Tidak Terkendalikan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.