• Sore dok.

    Kuping kanan saya akhir-akhir ini terasa seperti tersumbat, dan berdengung. Terkadang juga suara dengungan terdengar dari dalam telinga dan sesekali mengeluarkan cairan berbau jika dibawak tidur miring.

    Ini gejala apa ya, dok? Kuping kanan saya jadi terasa berat, dan pendengarannya menurun. Gimana cara mengatasinya ya dok? Mohon bantuannya, dok.

    Terimakasih

    Selamat malam,

    Mungkin memang ada sesuatu yang menyumbat di liang telinga bapak, misalnya kotoran telinga yang menumpuk atau adanya cairan dalam liang telinga bagian luar atau tengah.

    Anda menyebutkan bahwa telinga juga mengeluarkan cairan yang berbau, cairan seperti ini biasanya terbentuk akibat proses infeksi, baik pada telinga bagian tengah, dalam, ataupun luar. Semua masalah tersebut bisa menyebabkan telinga berdengung, menurunnya pendengaran, dan terkadang rasa sakit.

    Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah memeriksakan kondisi telinga Anda ke dokter, terkhusus dokter spesialis THT. Dokter akan melihat secara langsung kondisi telinga anda, mendiagnosis kemudian memberikan terapi yang sesuai.

    Janganlah mencoba-coba mengobati sendiri tanpa mengetahui masalah yang sebenarnya, karena dikhawatirkan akan membuat kondisi menjadi lebih buruk.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Kuping Kanan Tersumbat, Berdengung

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.