• Hallo dok saya ingin bertanya sudah 2 hari kuping saya tersumbat seperti ada gelembung yg menyumbat telinga saya, saya coba menghilangkannya dengen air akhirnya hilang dan tetap menutup kembali,, bagaimana cara mengatasinga ya dok

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan telinga tersumbat sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain mulai dari kemasukan air, kemasukan benda asing lainnya (misal serangga, kapas dari cotton bud, dan sebagainya), serumen atau kotoran telinga yang menumpuk dan keras, ataupun akibat infeksi. Untuk infeksi sendiri bisa disebabkan karena virus, bakteri, jamur, ataupun parasit. Infeksi juga bisa terjadi di telinga luar berupa liang telinga yang menyempit dan kemerahan (otitits eksterna difus), ataupun infeksi telinga luar berupa bisul (otitits media sirkumskripta), serta infeksi bagian telinga lainnya.

    Sebaiknya memang dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter khususnya dokter spesialis THT untuk memastikan penyebab keluhan anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan dalam telinga dengan alat khusus agar letak kelainan bisa terlihat jelas. Pengobatan yang diberikan tentu tergantung dari penyebabnya. Jika karena serumen (sekret atau kotoran telinga) yang menyumbat dan keras, maka bisa diberikan obat tetes telinga yang berperan untuk melembutkan serumen sehingga mudah dikeluarkan atau bisa juga dengan pembersihan telinga secara langsung dengan alat khusus. Namun jika penyebabnya karena benda asing atau corpus alienum (misal serangga, dsb) maka perlu dilakukan ekstraksi atau pengambilan benda asing tersebut. Jika penyebabnya karena infeksi maka perlu beberapa pengobatan untuk mengatasi penyebab infeksi dan obat untuk mengurangi gejala. Untuk itu segeralah diperiksakan secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kuping seperti Ada Gelembung

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.