• Dok saya ingin bertanya tentang keluhan yang saya alami, akhir2 ini pendengaran saya terasa agak berkurang, saya sering kurang mendengar percakapan yg volumenya kecil, saya akui kebiasaan saya memakai earphone untuk play music, dan lingkungan pekerjaan saya yang terlalu bising, dapat mempengaruhi kinerja telinga saya, saya sungguh menyesal, dan sudah tidak lagi menggunakan earphone,¬†Adakah cara untuk mengembalikan efektifitas pendengaran saya kembali?

    Terima kasih sudah mau mendengar keluhan saya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan penurunan pendengaran bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain infeksi telinga, adanya serumen (kotoran telinga) yang menyumbat, adanya benda asing, karena faktor penuaan, akibat faktor pekerjaan (tempat kerja dengan tingkat kebisingan yang tinggi), karena kebiasaan mendengar bunyi dengan suara keras, dan lain sebagainya. Tipe penurunan pendengaran bisa karena tuli konduksi, tuli sensori neural atau campuran keduanya.

    Untuk memastikan adanya penurunan pendengaran perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang oleh dokter sehingga ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Kemungkinan kembalinya pendengaran ke fungsi normal semula tergantung dari penyebabnya. Misalnya karena infeksi atau serumen, maka dengan terapi yang tepat maka pendengaran bisa kembali ke semula. Namun jika karena faktor penuaan, kelainan kongenital biasanya tidak dapat dikembalikan ke keadaan normal.

    Kebisingan sendiri bisa menyebabkan penurunan pendengaran jika bunyi yang sangat kuat tersebut berlangsung terus menerus. Misalkan pada pekerja yang terpapar tingkat kebisingan yang sangat tinggi dan berbahaya tiap harinya. Seseorang yang terbiasa mendengar musik dengan suara yang sangat keras juga bisa mengalami penurunan pendengaran terkait suara (noise induced hearing loss). Perlu dipastikan dengan pemeriksaan apakah penurunan pendengaran yang anda alami permanen atau tidak. Jika memang permanen maka bisa dibantu dengan alat khusus yang berfungsi meningkatkan pendengaran. Silakan konsultasi langsung dengan dokter spesialis THT agar mendapat pemeriksaan dan terapi yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kurangnya Pendengaran, Bagaimana Solusinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.