• Dok, saya mau bertanya kenapa disekitar labia minora saya terdapat putih2 menyerupai ragi ? Apakah itu jamur ? Apakah itu berbahaya atau normal kah ? Mohon jawabannya dok, terimakasih.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan putih – putih di sekitar labia minora atau bibir kemaluan yang kecil bisa akibat menumpuknya kotoran yang dihasilkan dari keringat, debu, hasil produksi mikro organisme atau flora normal yang menjaga keseimbangan area genital wanita. Untuk itu maka tiap wanita disarankan untuk menjaga kebersihan organ kewanitaannya dengan sangat baik dan teliti. Karena organ kelamin wanita yang lembab dan berlipat – lipat sering membuat timbunan kotoran yang seringkali terlewat saat membasuh organ kewanitaan. Saat mandi atau sehabis buang air ke toilet ada baiknya anda membasuh organ kewanitaan dengan air bersih dan bersihkan pula area lipatan – lipatan vagina tersebut sehingga kebersihan organ kewanitaan terjaga serta menghindari bau tak sedap.

    Namun bercak – bercak putih tersebut juga bisa akibat keputihan karena infeksi jamur dan lain sebagainya. Namun jika karena infeksi jamur, seringkali disertai keluhan yang teramat gatal pada organ kewanitaan anda. Bercak putih juga bisa sangat banyak, berwarna putih susu jika disebabkan karena infeksi Candida albicans.

    Oleh karena itu coba perbaiki lagi cara anda membersihkan organ kewanitaan anda. Jika memang belum membaik dan malah menimbulkan keluhan baru yang lebih berat maka silakan diperiksakan langsung ke dokter agar bisa diketahui penyebab pastinya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Di Labia Minora Ada Bercak Putih-putih

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.