• Dok ortu saya lumpuh karena ada penyempitan tulang belakang sudah 8 th, sekarang ada luka dipantat berbentuk lubang lumayan besar. Sekarang ortu saya sakit demam dan di periksa lab hasilnya leukosit tinggi 32.500, stlh . Hr di cek lagi leukosit naik menjadi 37.400 , mohon informasi apa yang harus saya lakukan agar leukosit ortu saya bisa turun.  Karna saya tanya dokter tidak ada jawaban kenapa kok bisa tinggi leukositnya. Trims.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pasien yang mengalami kelumpuhan dan selalu berbaring di tempat tidur seringkali muncul komplikasi berupa ulkus dekubitus. Ulkus dekubitus merupakan luka yang muncul pada area terbawah akibat kurangnya reposisi, umumnya muncul di bokong atau hingga ke punggung. Hal ini terjadi karena berkurangnya aliran darah pada area yang mengalami penekanan. Aliran darah ini berperan untuk membawa oksigen dan zat makanan yang berperan untuk nutrisi kulit sehingga ketika aliran darah tidak lancar maka kulit mengalami kekurangan nutrisi. Akibatnya kulit mengalami kerusakan berupa munculnya luka.

    Ulkus dekubitus memiliki beberapa stadium mulai dari luka yang terbatas pada jaringan kulit bagian atas saja hingga menyebar hingga terjadi kerusakan tulang. Hal ini biasanya menimbulkan masalah baru yaitu terjadinya infeksi akibatnya terjadi pula peningkatan kadar leukosit yang menjadi salah satu respon jaringan tubuh terhadap masuknya mikroorganisme dalam tubuh.

    Upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi infeksi pada ulkus dekubitus ini ada beberapa hal antara lain dengan pemberian antibiotik. Selain itu, perlu juga dilakukan pembersihan luka dengan cairan antiseptik. Konsumsi makanan yang bergizi juga diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun perlu juga dilakukan upaya berupa reposisi (mengubah posisi) pasien yang tidak bisa bergerak sendiri, setidaknya tiap 2 jam sekali. Selain itu lindungi bagian tubuh yang mengalami penekanan dengan bahan-bahan yang lembut dan empuk misal bantal, busa dan lain sebagainya.

    Silakan anda memeriksakan langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan terapi yang sesuai dengan kondisi pasien.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih infonya dok

Beranda Tanya Dokter Leukosit Tinggi Saat Demam

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.