• Dok, aku mau nanya…kaLau lidahku adA sedikit putih dipinggir lidah itu kenapa yah? Berbahaya nggak yah?  Obatnya ap aja?

    Waalaikum salam ww wb. Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan yang anda sampaikan sebenarnya masih kurang jelas. Seperti apa bercak putih yang muncul di lidah, adakah keluhan lain yang menyertai seperti rasa nyeri di lidah, lidah pahit, demam dan lain sebagainya. Penyebab lidah putih juga ada beberapa hal antara lain:

    1. Orang yang makan dengan interval yang panjang antara satu periode makan dengan periode makan yang lain sering menyebabkan lidah menjadi putih dan pucat.
    2. Infeksi misalnya infeksi jamur, misalnya Candida penyebab penyakit candidiasis oral juga bisa menyebabkan lidah berwarna putih. Bercak putih di lidah kadang menyerupai selaput – selaput putih.
    3. Infeksi di saluran cerna, misal demam tiphoid juga bisa menimbulkan keluhan lidah putih kotor. Namun keluhan ini biasanya disertai keluhan demam selama 7 hari atau lebih, gejala di organ pencernaan misal mual, muntah, susah BAB atau malah BAB mencret (diare) dan lain sebagainya.
    4. Stomatitis atau sariawan di lidah juga bisa menyebabkan keluhan bercak putih. Umumnya terasa nyeri.
    5. Penyakit flu singapura juga bisa menyebabkan bercak putih di lidah, biasanya nyeri. Namun penyakit ini biasanya disertai keluhan bercak merah pada tangan dan kaki.
    6. Penyebab lainnya

    Jika memang keluhan anda mengganggu maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilihat bentuk lesinya agar dapat diagnosis penyakitnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Lidah Sedikit Putih di Samping

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.