• dok saya mau tanya soal lubang kecil di tepi telinga anak saya,anak saya perempuan baru berumur 10bulan bb 8,9..dari lubang tsb sering keluar spt nanah kalo lubangnya tersumbat kadang didekat lubang itu jadi membiru warna nya,dan anak saya sering menggaruk nya mungkin karna gatal atau apa ya dok? apakah itu berbahaya?dan apa tindakan yg harus saya ambil?apa sebenarnya penyakit itu?  Apa bisa menghambat terhadap perkembangan anak saya? Terimakasih sebelumnya, dan mohon jawaban nya ?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Lubang kecil sebesar ujung pensil yang ada di depan daun telinga yang dapat mengeluarkan sekret atau cairan seperti nanah disebut sebagai fistula preaurikular. Penyakit ini merupakan penyakit kongenital artinya didapat saat anak dilahirkan ke dunia. Penyakit ini tidak berbahaya dan tidak menimbulkan gangguan pertumbuhan pada bayi dan anak. Namun keluhan ini sering menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua atau si pasien itu sendiri.

    Muara dari fistula ini sering mengeluarkan sekret atau cairan yang berasal dari kelenjar sebasea atau kelenjar minyak. Walaupun penyakit ini sebenarnya tidak berbahaya namun kadang bisa terjadi infeksi pada fistula ini sehingga mengakibatkan bengkak dan nyeri di lubang tersebut. Infeksi yang terjadi biasanya disebabkan oleh karena berkembangnya bakteri Staphyloccocus epidermidis, S. Aurens, S. Viridans, dan lainnya.
    Terapi yang dibutuhkan untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan mencegah terjadinya infeksi yaitu dengan membersihkan muara fistula dari sumbatan kelenjar minyak dan kotoran dengan menggunakan alkohol ataupun cairan antiseptik lainnya secara rutin. Jika terjadi infeksi mmaka perlu diberikan antibiotik untuk membunuh kuman penyebab, diberikan obat penghilang radang dan nyeri seperti paracetamol, ibuprofen atau asam mefenamat serta bisa dilakukan kompres hangat untuk mengurangi peradangan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Lubang Kecil di Tepi Telinga

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.