• Assalamualaikum.

    Pak/ibu dokter, ibu saya usia 65 tahun, saat ini tidak bisa jalan karena kaki tidak ada tenaga dan lemas, sementara ibu saya d sumatra jauh dari saya sekarang di bandung. Saya bingung obat apa yg bisa mengatasinya. Karena d sumatra ibu saya kurang perawatan dan perhatian, mohon bantuan obat apa agar bisa mengatasi penyakit tsb.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Perlu dicari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan kaki ibu anda tidak bisa berjalan. Penyebab seseorang tidak bisa berjalan bisa disebabkan oleh beberapa faktor misalnya saja:

    1.       Akibat stroke. Stroke bisa terjadi karena penyakit darah tinggi (hipertensi) atau karena sebab lainnya misalnya pasien diabetes melitus atau kencing manis.

    2.       Diabetes melitus sendiri bisa menyebabkan gangguan persarafan yang menyebabkan gangguan pada kaki mulai dari kaki terasa baal, lemas hingga susah untuk berjalan

    3.       Trauma atau benturan pada tulang belakang juga bisa menyebabkan keluhan sulit berjalan

    4.       Osteoartiritas atau radang pada sendi juga bisa menyebabkan keluhan sulit berjalan pada individu usia tua akibat rasa nyeri pada kaki

    5.       Penyebab lainnya

    Perlu dipastikan penyebab keluhan ibu anda baru bisa memikirkan bagaimana cara mengatasinya. Silakan anda atau keluarga lainnya membawa pasien untuk mengunjungi dokter terdekat  agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung guna menegakkan diagnosis dari keluhan yang pasien alami. Hal ini penting untuk menentukan terapi yang tepat. Jika memang karena kencing manis maka hal pertama adalah mengatasi kadar gula dalam darah agar bisa terkontrol lalu baru memikirkan cara mengatasi keluhan sulit berjalan misalnya salah satunya dengan melakukan fisioterapi.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Lumpuh Karena Diabetes Bagaimana Mengatasinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.