• Saya umur 30 thun. 3 bln yg lalu sudah bolak balik ke THT karena infeksi, terakhir saya disuruh operasi karena gendang telinga saya sudah bolong dan nanah keluar dan menyumbat. Setelah dioperasi sudah 2 mingguan masih keluar cairan terus dok. Kenapa ya dok bagaimana solusinya.trimaksih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf informasi yang anda sampaikan masih kurang detail. Operasi apakah yang anda maksud? Membran timpani yang berlubang akibat infeksi telinga tengah tidak selalu perlu untuk dilakukan tindakan operatif. Membran timpani atau disebut juga gendang telinga masih sangat mungkin untuk menutup spontan dalam waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan. Biasanya dibutuhkan terapi dengan antibiotik baik dalam bentuk obat minum ataupun berupa tetes telinga pada kasus infeksi telinga ini. Jika dalam beberapa bulan gendang telinga yang pecah ini tidak juga mengalami penutupan secara spontan, maka baru diperlukan tindakan penutupan gendang telinga dengan cara pembedahan/operasi dengan tujuan untuk mengembalikan fungsi pendengaran dan mencegah agar tidak terjadi kembali pengulangan infeksi telinga. Tindakan operasi membran timpani yang berlubang ini disebut  juga timpanoplasti. Timpanoplasti bisa dilakukan dengan mastoidektomi jika terjadi gangguan pada tulang telinga atau juga tanpa mastoidektomi.

    Tingkat keberhasilan operasi ini cukup tinggi. Namun pada beberapa pasien masih akan tetap mengalami keluhan keluar cairan dari telinga akibat kegagalan tindakan operasi, infeksi pasca operasi dan juga karena sebab lainnya. Harus dipastikan apakah cairan yang keluar tersebut adalah hal normal atau karena hal – hal yang saya sebutkan sebelumnya. Namun untuk memastikan perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Silakan kunjungi dokter THT yang menangani anda.

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Infeksi Telinga Keluar Cairan Terus Menerus

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.