• pagi dok .

    perkenalkan saya dengan fittia rizkiana , usia 23 tahun .

    ada beberapa pertanyaan dok yang ingin saya konsultasikan , yaitu :

    1. dok, saya mau tanya beberapa bulan yang lalu saya melakukan operasi usus buntu .sudah hampir 4 bulan kenapa bekas jahitan merasa ngilu dan sangat nyeri ya dok . menurut info yang saya dapat efek setelah operasi hanyalah ngilu sedikit tetapi yang saya alami ini cukup lumayan dan terkadang sampai ke pinggang belakang saya merasa panas .

    2. saya memilik sakit magh , disaat magh saya kambuh saya selalu melakukan suntik injeksi di UGD karna jika tidak melakukan ijeksi dan hanya minum obat yang di anjurkan tidak ada pengaruhnya dok . beberapa hari yang lalu saya melakukan suntik injeksi, tetapi setelah selesai suntik tangan kiri saya merasa ba’al atau kebal . apakah itu tidak berbahaya untuk saya dok ?

     

    terima kasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertama – tama harus dipastikan apakah rasa nyeri yang anda alami ada kaitannya atau tidak dengan bekas operasi yang anda miliki. Jahitan bekas operasi biasanya sering menimbulkan rasa nyeri namun memang tak terlalu dominan, kecuali jika memang ada masalah lainnya misal adanya infeksi pada bekas jahitan atau karena sebab lainnya. Namun bisa saja keluhan yang anda alami tak terkait dengan bekas jahitan yang anda miliki, tapi karena sebab lain misal karena gangguan persarafan dan lain sebagainya.

    Sakit maag atau biasa disebut dispepsia bisa disebabkan karena banyak hal, mulai dari akibat pola makan yang tak teratur, telat makan, hingga karena faktor psikosomatis atau stress. Tindakan penyuntikan yang anda alami dilakukan pada bagian tubuh mana? Apakah di tangan yang mengalami rasa baal ataukah disuntik di tempat lain? Jika penyuntikan dilakukan di tempat lain maka kemungkinan besar tidak ada kaitannya dengan penyuntikan. Namun jika penyuntikan dilakukan pada lengan yang sama bisa saja terjadi trauma pada saraf di daerah tersebut misal akibat gesekan dengan jarum suntik. Namun biasanya dapat sembuh sendiri setelah beberapa hari.

    Silakan anda periksakan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis. Pengobatan tergantung penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Magh dan Nyeri Setelah Operasi Usus Buntu

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.