• Assalamu’alikum dok, saya ini mempunyai magh. trus setiap haid itu nyeri hebat banget.kadang kalu sudah selesai haidnya perut kembung sakit di pinggang dan perut apa sebenarnya sakit itu? apakah karena magh itu atau kenapa dan bagaimana cara mengatasinya. .terimakasih

    Wassalamu’alaikum..

    Waalaikum salam ww wb. Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Maag berasal dari bahasa belanda yang jika dikonversi ke bahasa Indonesia disebut juga sebagai lambung. Sakit maag memiliki beberapa keluhan yang sering terjadi mulai dari keluhan sering sendawa, perut kembung, nyeri di bagian ulu hati, mual hingga muntah. Penyakit ini bisa muncul karena infeksi atau juga karena pola hidup pasien yang kurang baik antara lain karena kebiasaan makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak, terlambat makan, merokok, konsumsi kopi dalam jumlah berlebihan, konsumsi alkohol hingga stress yang pasien alami.

    Untuk keluhan nyeri perut yang anda alami bisa saja berkaitan dengan sakit pada lambung atau karena sebab lainnya. Sayangnya anda tidak menjelaskan karakteristik nyeri yang anda alami secara lebih jelas. Keluhan nyeri perut dan pinggang saat haid memang kerap kali terjadi. Biasanya muncul karena kontraksi uterus atau rahim yang cukup kuat untuk mengeluarkan darah menstruasi. Hal ini termasuk normal selama rasa nyeri tidak berlebihan sehingga membuat pasien sampai tak bisa beraktivitas akibat menahan nyeri yang teramat sangat. Ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Terapi yang diberikan berbeda tergantung penyebab keluhan anda.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Magh, Nyeri di Pinggang dan Sakit Perut

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.