• Dok mau tanya. Sekarang sudah hamil 4 minggu tapi sering begah, makanan apa dok yang bisa bikin begah ny hilang??terus jg saya jd suka bersin pdhal saya ngga pilek dan g ada riwayat alergi debu, itu g kn ada pengaruh ke kandungan saya dok dan apa obatny??terima kasih..

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Rasa begah saat hamil sering sekali dialami oleh beberapa wanita. Keluhan ini sering disertai dengan keluhan mual – mual atau keluhan lainnya. Penyebabnya beraneka ragam, seringnya dikaitkan dengan perubahan hormonal saat hamil. Berikut akan dijelaskan beberapa penyebab keluhan tersebut:

    1. Hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang meningkat saat awal kehamilan menyebabkan keluhan mual – mual atau begah pada perut.
    2. Hormon estrogen : Hormon ini diduga juga menyebabkan keluhan mual.
    3. Faktor psikis / stress. Saat hamil muda ibu hamil lebih sensitif secara psikis dan mudah stress. Sehingga biasanya akan makin memperberat keluhan mual ataupun begah pada perut.

    Solusi yang bisa dilakukan terkait makanan antara lain:

    • Hindari makanan yang bercita rasa ataupun berbau menyengat
    • Makan dalam jumlah kecil namun sering daripada dalam jumlah besar sekaligus
    • Hindari makanan yang sulit dicerna
    • Saat pagi hari sebelum bangun dari tempat tidur, makan beberapa biskuit terlebih dahulu dan biarkan dicerna untuk beberapa saat. Baru kemudian secara perlahan beranjak dari tempat tidur ketika anda sudah siap dan tidak merasa mual.
    • Hindari makanan yang terlalu berminyak dan bisa konsumsi makanan yang tidak terlalu kaya rasa untuk mengurangi mual, seperti : nasi putih, roti panggang, kentang bakar
    • Suplemen berupa vitamin B6 dapat membantu mengurangi keluhan begah dan mual saat hamil.

    Daya tahan tubuh ibu hamil juga cenderung menurun sehingga lebih mudah bersin, pilek dan lain sebagainya sehingga jaga asupan makanan bergizi, istirahat cukup, jaga kebersihan lingkungan. Jika keluhan memberat baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.
     

     

Beranda Tanya Dokter Makanan untuk Perut Begah Saat Hamil

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.