• Assalamu’alaikum dok,Selamat pagi

    saya mau tanya,kan untuk infeksi telinga ini saya baru pertama mengalaminya dan saya sangat berhati-hati sekali dalam masalah makanan yang saya makan karena takutnya kalau salah makan akan memperparah sakit infeksi telinga saya.

    Jadi dok, makanan yang dianjurkan dan yang harus dihindari untuk penyakit infeksi telinga itu apa aja dok? saya cari2 di google ada beberapa tapi saya takut kalau salah jadi saya lebih memilih tanya sama dokter.

     

    Terima Kasih dok :)

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sakit telinga akibat infeksi (otitis) sebenarnya lebih sering dicetuskan atau diperparah oleh kebiasaan seperti mengorek ngorek telinga, berenang terlalu sering dan lama, hingga akibat infeksi saluran napas (batuk, pilek dan sebagainya). Untuk makanan sendiri sebenarnya tidak ada yang khusus untuk dimakan atau dihindari kecuali jika ada makanan tertentu yang sering menyebabkan alergi.

    Pertimbangan nutrisi bagi pasien otitis (infeksi telinga) sebenarnya tak terlalu banyak. Namun akan saya jelaskan beberapa hal secara umum saja, seperti:

    1. Hindari makanan yang mencetuskan alergi. Sekitar 40 persen kasus otitis yang bersifat kronis atau bahkan sering berulang sering dihubungkan dengan faktor makanan dan lingkungan seperti makanan yang menyebabkan alergi pada individu tersebut. Jadi jika anda memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu memang ada baiknya dihindari untuk mengkonsumsinya. Makanan apa yang bisa menyebabkan alergi sebenarnya hanya pasien sendiri yang mengetahuinya. Silakan amati makanan apa yang bisa mencetuskan alergi pada diri anda.
    2. Konsumsi makanan yang bergizi. Beberapa individu yang sering mengalami otitis umumnya kurang kadar anti oksidan seperti zink dan rendahnya kadar besi dalam darahnya. Sehingga perlu pemberian makanan yang mengandung zat – zat tersebut, misalnya sayur – sayuran, buah –buahan, kacang – kacangan dan lain sebagainya. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi suplemennya.

    Namun sebenarnya anda bisa mengkonsumsi makanan apa saja sepanjang tak menimbulkan alergi, yang penting makanan tersebut memiliki kandungan gizi yang cukup serta seimbang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

     

Beranda Tanya Dokter Adakah Pantangan Infeksi Telinga? dan Apa Anjurannya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.