• Dok. Anak saya usia 11 bulan,hampir sebulan demam,wkt pertama demam dia rewel dan sempat kejang”,sehabis periksa ternyata giginya tumbuh.seminggu terakhir ini demam.y hanya diwaktu malam atau siang saja..tp jika demam dia tdk rewel,masih suka main,makan dan tidur yg nyenyak..apakah ini wajar atau tidak dok ??

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Suhu tubuh normal manusia adalah kurang dari 37,5 derajat celsius. Jika berada di atas itu maka sudah termasuk abnormal atau termasuk kategori demam. Sebaiknya harus dipastikan terlebih dahulu berapa suhu anak anda dengan menggunakan termometer sehingga bisa diketahui berapa suhu pastinya. Penyebab demam sangat banyak sekali. Jika keluhan ini terjadi maka kemungkinan besar ada sesuatu yang salah dalam tubuh. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab demam yaitu antara lain:

    1.       Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa menjadi penyebab suhu tubuh yang meningkat.

    2.       Kelelahan fisik

    3.       Gigi tumbuh juga bisa menjadi penyebab demam karena gusi yang meradang saat gigi mulai bermunculan. Namun biasanya suhu tubuh tak terlalu tinggi jika tidak ada infeksi yang menyertainya.

    4.       Infeksi merupakan penyebab tersering dari keluhan demam. Infeksi bisa terjadi karena berbagai macam mikroorganisme misalnya virus, bakteri dan lainnya. Organ yang terinfeksi juga beraneka ragam mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

    5.       Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anak anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Pertolongan pertama untuk menurunkan demam berupa pemberian obat penurun panas misalnya paracetamol. Pemberian obat penurun panas penting untuk mencegah suhu semakin tinggi yang berujung pada kejadian kejang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Anak Demam Hampir Setiap Malam

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.