• assalamualaikum.
    selamat malam Dokter.

    Biasanya berapa lama yah BAB bisa kembali normal pasca operasi wasir? dan kenapa fases saya masih terasa keras, padahal saya sudah mengkonsumsi buah-buahan seperti pepaya, pisang sudah cukup banyak dan setiap hari saya masih mengkomsumsi bubur.. dimohon pencerahannya Dokter, terimakasih

    wassalamualaikum..

    Waalaikum salam ww wb. Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Setelah operasi hemoroid atau wasir ada beberapa keluhan yang sering dialami pasien pasca operasi yaitu antara lain nyeri dan tinja menjadi keras. Keluhan ini bisa terjadi hingga beberapa minggu setelah operasi. Ada beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk membuat feses lebih lunak dan lembut sehingga mudah dikeluarkan yaitu antara lain:

    1. Menjaga asupan makanan anda dengan memperbanyak makanan mengandung serat, misal buah (pisang, pepaya, apel, dll), sayur (brokoli, bayam, dll), kacang – kacangan, gandum, dsb.
    2. Perbanyak asupan cairan terutama air putih, minimal 2 liter dalam satu hari.
    3. Anda sebaiknya menghindari kebiasaan menahan buang air besar (BAB)
    4. Perbanyak aktivitas fisik atau olahraga juga penting untuk memperlancar metabolisme tubuh yang berpengaruh terhadap kelancaran defekasi (buang air besar)..
    5. Jika memang semua langkah di atas masih tidak berhasil anda bisa mengkonsumsi obat pelembut feses, misal golongan obat hiperosmotik laksatif (contoh: gliserin), golongan emolien (contoh : docusate), dan masih banyak lagi.

    Namun sebaiknya penggunaan obat – obatan di bawah pengawasan dokter. Ada baiknya jika memang keluhan anda ini berlangsung lama, maka konsultasikan secara langsung ke dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dapat membantu mengetahui kemungkinan penyebab keluhan anda serta agar dapat ditentukan terapi yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Masa Normal BAB Pasca Operasi Wasir

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.