• saat meminum morinaga bab bayi ku menjadi hijau dan cair, dan agak rewel.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf informasi yang anda sampaikan sebenarnya masih kurang detail. Perlu disertakan berapa kali frekuensi buang air besar yang anak anda alami. Jika keluhan buang air besar berlangsung lebih dari 3 kali dalam 1 hari disertai perubahan konsistensi tinja menjadi lebih cair maka anak anda saat ini sedang mengalami diare. Diare bisa disebabkan karena banyak hal, yang paling sering adalah karena infeksi saluran cerna. Selain konsistensi dan frekuensi BAB yang terganggu, warna feses juga bisa mengalami perubahan misal feses menjadi berlendir, atau berubah warna menjadi kehijauan dan lain sebagainya. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab perubahan warna feses menjadi kehijauan dan konsistensi feses yang menjadi cair yaitu bisa karena:

    1. Infeksi saluran cerna. Penyakit ini umumnya memiliki keluhan berupa diare, warna tinja bisa berubah menjadi kehijauan, berlendir, bayi bisa mengalami demam, dan lain sebagainya. Diare bisa disertai dehidrasi atau tanpa dehidrasi. Jika diare disertai dehidrasi maka bayi umumnya akan rewel atau malah terlihat lemah sama sekali. Bayi bisa terlihat kehausan atau malah menjadi tidak mau minum dan juga tanda – tanda dehidrasi lainnya. Infeksi bisa disebabkan bakteri ataupun mikrorganisme lainnya.
    2. Ibu menyusui makan makanan yang berwarna hijau dalam jumlah banyak bisa menjadi penyebab feses bayi menjadi hijau. Umumnya warna hijau relatif lebih terang.
    3. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya bawa anak anda agar bisa diperiksa secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis penyakit yang dialami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Masalah BAB Hijau pada Bayi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.