• Dok saya punya masalah bau mulut, saya tanya ke dokter gigi katanya krn giginya kotor, lalu k dokter umum, katanya tanya k dokter tht, lalu saya tanya k dokter tht katanya ada masalah lambung lalu diberi obat untuk lambung. Saya jg pernah d gurah dan di bekam. Tapi kenapa masih bau mulut y? Mohon penjelasannya, terima kasih.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Seperti yang anda sudah ketahui, penyebab bau mulut memang sangat banyak. Bisa karena gangguan pada gigi dan mulut, hingga gangguan pada organ dalam misal lambung, usus atau bagian tubuh lainnya. Namun penyebab tersering adalah adanya gangguan pada gigi dan mulut, misalnya karena gigi yang berlubang, karang gigi, bercak – bercak nikotin, jamur dan masih banyak lagi.

    Jika anda sudah ke dokter gigi, sudahkah permasalahan gigi anda teratasi? Jika memang ada gigi yang berlubang apakah gigi anda tersebut sudah dilakukan penambalan? Atau jika memang tidak bisa ditambal, gigi berlubang tersebut bisa dicabut. Hal ini penting karena gigi yang berlubang menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya kuman yang menjadi sumber penyebab bau mulut. Kemudian jika memang ada karang gigi, maka karang gigi harus dibersihkan (scalling). Karang gigi juga menjadi salah satu penyebab timbulnya bau mulut. Ditambah lagi jika memang anda memiliki kebiasaan merokok, maka rokok bisa menimbulkan bercak – bercak nikotin yang menempel pada gigi dan juga bisa menimbulkan bau tak sedap pada mulut. Selain itu, sebaiknya setelah makan atau pun sebelum tidur anda membiasakan diri untuk menyikat gigi anda dengan benar. Pastikan semua sela – sela gigi sudah dibersihkan serta jangan lupa menyikat bagian lidah anda. Karena bekas makanan yang menempel pada lidah juga bisa menyebabkan bau tak sedap.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Terima kasih dok atas jawabannya, info tambahan, saya pakai behel gigi, gigi berlubang sudah ditambal karang gigi sudah dibersihkan tp tetap tidak hilang. Saya jg sering bersihkan lidah pakai alat pembersih lidah. Saya tidak merokok. Saya gosok gigi 3x sehari tetap tidak mengurangi bau mulut. Apa ada saran selanjutnya? Terima kasih.

Beranda Tanya Dokter Masalah Bau Mulut yang Membandel

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.