• Selamat pagi dokter, perkenalkan saya dewi usia 25 tahun. Saat ini saya memiliki bayi dgn usia 9 bulan. Sampai saat ini saya masih belum memutuskan untuk ber kb dok, karna sebelum menikah pun saya dgn suami memutuskan untuk menunda dgn cara kb alami, jadi saya pikir skrg pun tidak masalah kb alami. Tp ternyata berat badan saya turun drastis dari hari ke hari dok, berat badan ideal saya seharusnya ada dikisaran 50-55kg dgn tinggi 165cm, tp bb saya sekarang hanya 44kg. dan saya jg jadi mudah sakit, gampang kelelahan. Pertanyaan saya, apakah saya lebih baik ber kb untuk memperbaiki berat badan saya dok? Dan kb apa yg sebaiknya saya gunakan mengingat suami saya kurang setuju dgn kb yg efek sampingnya harus flek/haid yg tak kunjung berhenti misal 2 minggu berturut-turut atau bahkan ada yg sampai 1 bulan full.

     

    terima kasih dokter untuk waktunya. Mohon dijawab pertanyaan saya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Jika anda ingin menggunakan alat kontrasepsi atau KB yang tidak menimbulkan efek hormonal seperti keluhan flek, atau gangguan menstruasi lainnya sebaiknya tidak menggunakan KB hormonal seperti pil KB, KB suntik 1 bulan, 3 bulan dan lainnya. Karena meskipun sudah diminimalisir sedemikian rupa namun tetap saja ada efek samping hormonal yang masih mungkin terjadi. Oleh karena itu baiknya dipilih cara kontrasepsi lainnya seperti IUD (spiral), kondom dan lainnya.

    Solusi untuk menaikkan berat badan bisa dipilih cara lain yang lebih ideal seperti mengatur pola hidup sehat sehari – hari. Alasan untuk menaikkan berat badan bukan menjadi indikasi anda untuk menggunakan KB hormon. Ada beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk menaikkan berat badan yakni:

    1. Makan yang teratur. Sebaiknya anda mengatur pola makan anda dengan 3 kali makan besar dan 2 kali cemilan ringan. Pilih makanan yang baik untuk menaikkan berat badan anda namun tetap sehat. Silakan baca artikel berikut : http://mediskus.com/nutrisi/sederet-makanan-penambah-berat-badan-silahkan-pilih
    2. Olahraga rutin misalnya senam, gym dan lainnya yang sesuai agar pertambahan berat badan anda diiringi dengan pertambahan massa otot sehingga bukan hanya lemak yang menumpuk.
    3. Istirahat yang cukup.

    Silakan baca link berikut yang terkait keluhan anda: http://mediskus.com/tips/cara-menambah-berat-badan-cepat-dan-sehat

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Masalah dengan Kurangnya Berat Badan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.