• Mlm dok..!!  mau tanya dok, Sy pribadi mempunyai masalah dengan kotoran instrumen saya yang sudah lama ini tidak wajar.. kotoran telinga saya kering tidak basah.. saya mengalami kesulitan untuk membersihkannya karna telinga saya sangat terasa gatal dok.. kenapa yak kotoran telinga saya menjadi kering ?? Apa ini ada hubunganya dengan alergi pilek yg saya alami selama ini

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Kotoran telinga atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai serumen merupakan hasil dari sekresi kelenjar minyak, debu, dan juga pengelupasan sel epitel liang telinga luar. Serumen sebenarnya merupakan salah satu mekanism pertahanan tubuh pada telinga karena perannya untuk menangkap debu dan juga benda asing lainnya yang masuk ke liang telinga.

    Serumen ada yang lunak dan juga ada yang keras atau kering. Beberapa individu ada yang cenderung memiliki tipe serumen lunak namun sebagian lainnya cenderung pada tipe kering. Hal ini sebenarnya termasuk normal. Pada umumnya serumen yang lama perlahan akan terdorong keluar akibat munculnya serumen baru kemudian serumen lama tersebut akan mengering dan jatuh. Serumen yang mengeras dan menutupi liang telinga akan menyebabkan rasa tidak nyaman, telinga berdenging, gatal dan lain sebagainya.

    Ada beberapa upaya untuk membersihkan serumen yang kering dan mengeras yakni dengan melunakkan serumen tersebut dengan menggunakan tetes kuping mengandung gliserin sebanyak 2-3 x tetes/hari selama 2-3 hari. Setelah lunak serumen akan lebih mudah dibersihkan dengan korek kuping atau dapat keluar dengan sendirinya saat tidur miring.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Sehat Membersihkan Kotoran Telinga

    sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kotoran Telinga Mengering dan Keras?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.