• Pagi dok, saya berusia 17tahun. Saya akhir akhir ini setiap akan mengikuti tes masuk perguruan tinggi 2 hari sebelunya selalu sakit. Gejalanya mual, muntah setelah makan, BAB tidak lancar (sembelit), perut sering nyeri sampai di ulu hati, dan nyerinya semakin sering setelah makan pedas. Saat minum obat anti biotik sakitnya langsung berkurang dan berangsur angsur sembuh. Apa yang harus saya lakukan dok? Apa sebaiknya saya pergi ke dokter? Karena saya rasa saya terkena tukak lambung. Terimakasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan yang anda alami seperti nyeri ulu hati, mual, dan muntah bisa disebabkan karena gangguan pada lambung misalnya dispepsia. Penyakit ini biasanya dicetuskan oleh beberapa keadaan seperti stress yang berlebihan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan pedas dan berminyak, minum kafein terlalu banyak, kebiasaan terlambat makan, merokok dan masih banyak lagi faktor pencetusnya. Keluhan ini bisa juga disertain infeksi kuman Helycobacter pilori yang menyebabkan infeksi lambung atau gastritis.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan ini antara lain dengan:

    1. Menjaga asupan makanan yang dikonsumsi, sebaiknya dalam mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering. Jangan terlalu lama membuat lambung kosong.
    2. Menghindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll.
    3. Rilekskan pikiran. Hindari hal – hal yang memicu terjadinya stress berlebih yang akan meningkatkan asam lambung.
    4. Anda juga dapat mencoba mengkonsumsi obat – obatan untuk meredakan efek asam lambung seperti antasida.

    Jika keluhan tak membaik sebaiknya dilakukan pemeriksaan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Curiga Masalah Tukak Lambung, Harus Bagaimana?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.