• Permisi dok saya mw konsultasi…dengan dokter… haid saya bulan kmren tggl 18 05 2016 dn bulan kmrennya tanggal 20 04 2016… biasa saya kena tanggal 20 gthu dok dgn gejala” sblum haid… namun bulan juni ini saya pernah berhubungan dengan suami saya tgl 06 juni 2016 tetapi suami saya tidak mengeluarkan ke dlm vagina saya… apakah saya hamil atw tidak dok krena tgl 17 juni saya test tidak hamil…? Mohon penjelasanya dok

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tidak semua penyebab terlambat haid terjadi karena kehamilan. Apalagi jika keterlambatan baru terjadi selama beberapa hari atau minggu saja. Bisa saja keterlambatan diakibatkan stress, kelelahan fisik dan mental, nutrisi yang kurang, dan lain sebagainya. Untuk memastikan kehamilan juga tidak cukup dengan adanya gejala telat haid ataupun mual dan muntah saja, perlu dilakukan pemeriksaan lainnya misalnya test pack sebagai salah satu cara yang paling sederhana. Namun tes pack juga memiliki kelemahan yaitu sering menunjukkan hasil yang tak akurat jika kehamilan baru terjadi beberapa hari atau minggu. Perlu pemeriksaan lain yang lebih akurat seperti pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalamnya.

    Pemeriksaan dengan menggunakan tes pack (alat tes kehamilan) baru bisa menunjukkan hasil akurat jika dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi). Tes pack mulai dapat mendeteksi kadar hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) pada kadar 20 mIU. Hasil tes kehamilan menunjukkan hasil positif jika terdapat dua garis yang nampak pada alat tes tersebut. Garis kedua yang muncul bisa tampak samar atau bisa juga terlihat jelas. Hal ini tergantung dari konsentrasi hormon hCG yang terkandung dalam urine yang diperiksa.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

Beranda Tanya Dokter Masalah Haid Tidak Teratur Mungkinkan Hamil?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.