• Selamat malam dokter, saya wanita dengan usia 22th saya mengalami pertumbuhan rambut yang tidak normal dan bahkan cenderung seperti laki-laki dimana banyak rambut tumbuh di bagian tubuh seperti : tangan, kaki, dan muka. dari saya kecil memang rambut di badan saya sudah banyak hingga saya puber bulu-bulu semakin panjang dan lebat. saya pernah mendengan penyakit hirsutisme akan tetapi kondisi menstruasi saya lancar, suara jg tidak berat, dan muka jg tidak banyak jerawat tetapi memang berat badan saya cukup besar (60kg). selain itu ibu saya pernah bilang bahwa ketika sedang mengandung saya beliau sedang menjalani pengobatan karena sakit Hepatitis B dan dokter yg merawat ibu saya mengatakan bahwa bayi ini nanti akan memiliki rambut yang lebat, nah dari kasus saya ini kira-kira saya sakit apa , cara pengobatannya seperti apa, dan apabila saya ingin berkonsultasi sebaiknya di dokter spesialis apa ?

    trimakasih dokter

    (saya sangat menunggu balasannya)

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertumbuhan rambut tubuh yang berlebihan pada wanita memang sering kali mengganggu dan menyebabkan penurunan rasa kepercayaan diri pada individu yang mengalaminya. Wanita umumnya memilihi kadar hormon androgen yang rendah. Jika tubuh terlalu banyak menghasilkan hormon ini maka dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang tak diharapkan.

    Wanita umumnya memiliki rambut halus pada pada tubuhnya, termasuk di atas bibir, dagu, dan lain sebagainya. Namun jika pertumbuhan rambut tersebut sangat banyak , hitam, dan tebal seperti tipikal rambut yang tumbuh pada pria di daerah – daerah misalnya atas bibir, dagu, dada, perut ataupun punggung maka biasa disebut hirsutism. Namun memang perlu dipastikan lagi dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung oleh dokter untuk menegakkan diagnosis tersebut. Perlu pemeriksaan kadar hormon juga untuk membantu menegakkan diagnosis tersebut.

    Penyebab hirsutism sendiri sangat banyak misalnya adanya tumor pada kelenjar adrenal, ovarium, cushing sindrom, akibat obat – obatan tertentu dan lain sebagainya. Oleh karena itu saran saya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk mengetahui secara pasti penyebab keluhan apakah benar hirsutism atau bukan. Jika memang hirsutism maka perlu dicari penyebab keluhan tersebut karena apa sehingga dapat memperoleh terapi yang sesuai dan yang dibutuhkan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    trimakasih banyak dok atas infonya , apabila saya ingin konsultasi lebih lanjut sebaiknya ke spesialis apa ya dok ?

     

Beranda Tanya Dokter Banyak Tumbuh Rambut di Badan yg Tidak Normal

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.