• Siang dok,udah beberapa hari ini saya sering sakit pinggang rasanya berat pinggang saya.kalau malam susah tidur..sudah saya coba pijat tapi sakitnya berhenti sebentar..gimana caranya mngobatinya mhon penjelasannya dok…mksiii

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri pinggang umum terjadi pada beberapa individu. Keluhan ini sebenarnya bisa terjadi karena beberapa sebab. Keluhan nyeri pinggang bisa terjadi pada bagian otot pinggang hingga akibat gangguan pada organ dalam. Berikut ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan tersebut yaitu antara lain:

    1. Gangguan muskuloskeletal (otot dan tulang). Gangguan muskuloskeletal bisa muncul berupa gejala nyeri pinggang. Keluhan ini biasanya dicetuskan karena faktor pekerjaan atau posisi tubuh yang tidak ergonomis dalam melakukan aktivitas sehari – hari. Ada beberapa pekerjaan yang beresiko menimbulkan keluhan nyeri pinggang akibat gangguan muskuloskeletal yaitu pekerjaan yang mengharuskan pekerjanya mengangkat beban berat misal buruh bangunan, atau pekerjaan yang statis dengan posisi tubuh yang sama dalam beberapa jam tiap harinya, misal supir, pegawai administrasi yang setiap harinya duduk depan komputer dan lain sebagainya. Pekerjaan – pekerjaan ini beresiko menimbulkan keluhan nyeri pinggang. Posisi tidur yang kurang baik selama berjam – jam juga bisa menimbulkan keluhan ini, misal tidur selalu miring ke salah satu posisi.
    2. Gangguan pada organ dalam, misal infeksi ginjal, batu saluran kemih dan lain sebagainya.
    3. Penyebab lainnya

    Untuk mengatasi keluhan tersebut hingga tuntas tentu harus dicari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Jika penyebab tidak diatasi maka keluhan ini tentu akan berlanjut ataupun sering timbul. Jika penyebabnya karena faktor aktivitas yang beresiko seperti yang saya jelaskan di atas maka perlu mengurangi aktivitas tersebut atau melakukan olahraga berupa peregangan otot sehingga keluhan tidak sering muncul. Obat penghilang nyeri seperti asam mefenamat dan ibuprofen juga bisa dikonsumsi, namun tidak boleh dalam jangka panjang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Masalah Sakit Pinggang

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.