• Dok saya Sheila ingin bertanya saya mengalami gatal seperti luka tetapi bukan luka di bagian antara sela-sela ibu jari dan jari telunjuk awalnya merasa seperti kesemutan tetapi hanya di area itu saja kemudian. Menjadi merah seperti bentol gatal perih dan lama kelamaan kulit menjadi kering seperti bekas luka bakar dan kulit mengelupas, tapi baru saja saya minum obat dan rasa itu seperti kambuh lagi, kira2 jenis penyakit apa ya dok? Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal di sela jari disertai bentol kemerahan dan juga rasa perih di kulit bisa disebabkan oleh banyak hal. Banyak penyakit kulit yang menimbulkan gejala seperti ini sehingga perlu dilakukan pemeriksaan secara lebih detail untuk memastikan penyebab keluhan tersebut. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan keluhan tersebut antara lain:

    1.       Dermatitis alergi ataupun dermatitis kontak iritan bisa menimbulkan keluhan gatal – gatal di kulit yang bila digaruk terus menerus bisa menimbulkan rasa perih.

    2.       Skabies juga bisa menimbulkan keluhan bentol disertai gatal dapat menimbulkan rasa perih jika terlalu lama digaruk.  Penyakit ini merupakan penyakit menular sehingga terdapat keluhan yang sama yang dialami orang yang tinggal satu rumah atau satu lingkungan.

    3.       Herpes zoster juga bisa menimbulkan keluhan bercak merah disertai rasa perih pada bagian tersebut. Namun biasanya selalu diawali oleh gejala demam.

    4.       Dermatitis venenata atau penyakit peradangan pada kulit akibat binatang misalnya akibat air liur binatang, gigitan dan  lain sebagainya juga bisa menimbulkan keluhan yang serupa.

    5.       Penyebab lainnya

     

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik pada lesi di kulit untuk mengidentifikasi kemungkinan penyebab.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Masalah Tangan Gatal di Sela-sela Jari

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.