• aslm.. dok saya mau nanya. nama saya dede umur saya 16, saya merasa aneh dengan telinga saya, tiba” kuping saya gatal, sering berdengung, dan malah sering keluar cairan yg berwarnah kuning dan berdarah, kira”knpa yah dok?

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan telinga gatal, sering berdengung, keluar cairan kekuningan atau darah bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun yang paling sering adalah akibat infeksi pada telinga. Namun memang harus dipastikan terlebih dahulu letak infeksi ada pada telinga luar, tengah atau telinga dalam. Selain itu harus dipastikan penyebab infeksi karena bakteri, jamur, campuran keduanya atau karena sebab lain.

    Keluhan infeksi pada telinga biasanya diawali oleh faktor pencetus tertentu misalnya kebiasaan mengorek telinga terlalu sering dan terlalu dalam, kebiasaan berenang juga bisa menjadi faktor pencetus infeksi telinga, riwayat batuk pilek sebelumnya dan lain sebagainya.

    Gejala klinis yang muncul untuk infeksi telinga secara umum berupa rasa nyeri di telinga ataupun gatal, keluar cairan dari telinga, kadang disertai penurunan pendengaran, nyeri tekan telinga dan lain sebagainya.

    Perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dengan otoskop agar dapat memeriksa keadaan telinga secara lebih jelas dan detail. Oleh karena itu periksakanlah diri anda ke dokter khususnya spesialis THT agar mendapat penanganan yang tepat sesuai kondisi penyakit anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Telinga Gatal dan Mengeluarkan Cairan Kuning

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.