• Hallo dokter,

    Sudah 2 hari mata aku bengkak, pertamanya dari sehabis bangun tidur. terus aku gak betah yah aku kucek2lah mataku lalu terjadi luka-_-

    Aku mau tanya bengkaknya ini karena facialfoam yg masuk kemata saat sedang mencuci muka/serangga/debu/karena apa ya dok?

    Bagaimana cara menanganinya?Thx

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mata bengkak seperti apa yang anda alami. Adakah keluhan lain seperti mata merah, penglihatan kabur, berair dan lain sebagainya? Penyakit mata ada beberapa jenis. Masing – masing memiliki keluhan yang hampir mirip satu dengan lainnya sehingga butuh pemeriksaan secara langsung. Penyebab keluhan sakit mata juga banyak macam. Kelilipan, kebiasaan mengucek mata, terkena sabun, debu, pijar las dan lain sebagainya bisa menjadi faktor pencetus timbulnya keluhan mata merah. Mata yang mengalami luka ini akan semakin mudah ditembus oleh kuman sehingga terjadilah infeksi. Bakteri menjadi penyebab tersering keluhan sakit mata, walaupun kuman lain juga tak jarang menyebabkan infeksi.

    Berikut beberapa penyakit yang menyebabkan mata merah dan bengkak, antara lain:

    1. Edema palpebra atau bengkak pada kelopak mata. Keluhan biasanya hanya terbatas pada kelopak mata yang merah dan bengkak.
    2. Konjungtivitis atau infeksi pada selaput konjungtiva. Keluhan yang muncul berupa mata merah, kadang bengkak, keluar sekret atau cairan dari mata (bisa berair jernih, atau berwarna kekuningan), gatal, penglihatan tidak kabur, mata terasa berpasir dan lain sebagainya.
    3. Keratitis atau infeksi pada kornea mata. Keluhan yang muncul selain mata merah, bisa disertai bengkak juga ada keluhan penglihatan kabur.
    4. Penyebab lainnya

    Silakan dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter agar bisa ditentukan diagnosis pasti penyebab keluhan yang anda rasakan. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mata Bengkak Setelah Bangun Tidur

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.