• Maaf pak saya mau tanya, di ibu jari saya ada benjolan seperti mata ikan. Bagaimana cara mengobatinya ?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mata ikan atau dalam istilah kedokteran disebut klavus disebabkan karena adanya gesekan atau penekanan yang berselang seling dalam waktu lama pada anggota gerak tubuh, yang paling sering terutama pada telapak kaki. Klavus ada 2 macam, klavus keras dan lunak. Klavus biasanya berbentuk kerucut yang menghujam dan terasa nyeri.
    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mangatasi mata ikan (klavus) yaitu antara lain sebagai berikut:

    1. Menghindari faktor trauma dan tekanan yang menjadi penyebab munculnya mata ikan. Karena mata ikan disebabkan oleh tekanan/gesekan maka jika penyebabnya dihilangkan, maka gejala tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya.
    2. Sebaiknya menggunakan alas kaki yang lunak dan kurangi aktivitas yang berulang yang mengakibatkan penekanan pada satu tempat.
    3. Jika dengan cara diatas namun klavus belum dapat hilang maka anda sebaiknya memeriksakan ke dokter agar dapat diberi terapi yang tepat. Obat – obatan ataupun tindakan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan klavus yaitu antara lain melakukan pengolesan pada daerah lesi dengan menggunakan salap asam salisilat atau suspensi trikloroasetat ataupun bisa dengan mengeluarkan inti dengan cara eksisi total (pembedahan).

    Silakan anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung untuk menentukan jenis pengobatan yang paling tepat terhadap kasus anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Cara Mengobati Mata Ikan di Ibu Jari

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.