• dok, usia saya 42th, mempunyai riwayat darah tinggi(dulu saya rutin minum captrofil sudah 1tahun tidak minum lagi tapi alhamdullilah sudah normal tensi darah saya),sudah dua tahun ini ada bercak hitam di sebelah kiri mata saya sangat mengganggu saya dok.saya setiap hari di depan komputer selama 6-8 jam perhari. saya sudah konsultasi dokter tapi dokter bilang hanya debu yang terlalu banyak di mata saya dan dokter memberi obat tetes dan obat  natrium diklofenak tapi tidak ada perubahan. sekarang tambah banyak bercak hitamnya. sakit apakah saya  dok mohon infonya dok.trimakasih.

    Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bercak hitam bagaimana yang anda maksud? Apakah bercak hitam tampak pada bagian putih mata atau hanya terlihat seperti ada bayang – bayang hitam di mata namun tidak ada bercak hitamnya ketika dilihat dengan cermin? Ada beberapa penyebab bintik hitam pada mata antara lain karena:

    1. Pigmen yang tertimbun pada bagian sklera (bagian putih) mata.
    2. Adanya pembuluh darah mata yang pecah
    3. Bisa juga karena adanya sisa-sisa sel di dalam badan mata (corpus vitreous) yang luruh dan mengapung di dalam agar-agar badan mata. Sel-sel ini akan tampak seperti bintik-bintik hitam yang bergerak-gerak mengapung sejalan dengan bergeraknya bola mata. Kalau itu yang terjadi, biarkan saja, dan tak berbahaya. Jika bertambah banyak maka berarti banyak sel yang luruh dan memasuki badan mata.
    4. Adanya benda asing (kotoran, debu, dll) pada kornea mata sehingga menyebabkan pandangan menjadi terhalang.
    5. Bayangan hitam juga bisa merupakan “eye floaters“, yaitu berupa endapan di dalam lapisan vitreous mata yang seperti kaca. Gejala yang dikeluhkan umumnya seperti noda-noda hitam yang mengambang atau melayang di dalam penglihatan ketika kita melihat ke sekeliling. Jika eye floaters timbul mendadak, langsung banyak, muncul saat terkena kilasan cahaya (flashing lights), disertai juga dengan hilangnya penglihatan samping, maka bisa saja akibat retina yang sobek dan memerlukan perawatan untuk mencegah retina lepas (retinal detachment/ablasio retina).

    Untuk memastikan bahwa kondisi mata anda baik dan tidak ada penyebab lain yang membahayakan mata Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri kembali ke dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga diagnosis keluhan anda bisa ditegakkan.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

     

Beranda Tanya Dokter Bercak Hitam pada Mata yang Sangat Mengganggu

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.