• Halo dok, saya berumur 19 tahun. Keluhan saya tentang mata kanan saya yang perih terus timbul kerak mata yang sulit di bersihkan. Dan mata saya kelihatan lembam seperti orang kena KDRT, terkadang kalau disentuh gatal sekali seperti ada bakteri yang meradang, lalu hidung saya juga perih dan tumbuh kerak yang sulit dibersihkan. Dan setiap harinya (selama 3 hari alami ini) saya bersin-bersin tapi tidak terlalu sering. Dan bersin ini tidak membuat saya ingusan seperti biasanya. Jenis apakah penyakit yang saya alami? Terimakasih.

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mata yang lebam dan terasa gatal serta keluar sekret atau kotoran pada mata bisa terjadi akibat infeksi pada selaput konjungtiva mata akibat alergi, atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai konjungtivitis alergi. Penyakit ini memiliki keluhan berupa mata gatal, merah, keluar belek mata namun tak banyak dan beberapa keluhan lainnya. Umumnya keluhan yang paling menonjol adalah rasa gatalnya. Penyakit ini biasanya muncul setelah pasien terpapar dengan faktor alergen mulai dari debu, udara baik dingin ataupun saat udara panas, bulu binatang dan masih banyak lagi alergen lainnya.

    Begitu pun dengan keluhan pada hidung berupa rasa perih yang disertai gatal dan juga ada kotoran hidung yang muncul bisa saja terjadi akibat rinitis alergi atau infeksi dan peradangan pada hidung akibat alergi. Sama seperti konjungtivitis alergi maka ada riwayat paparan dengan zat alergen. Namun masih banyak sebenarnya penyebab keluhan seperti yang anda alami sehingga perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna menegakkan diagnosis yang tepat dari keluhan anda. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter terdekat dengan tempat tinggal anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mata dan Hidung Perih Serta Ditumbuhi Kerak/kotoran

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.