• mata sering terasa lelah dan sakit dibagian kelopak mata

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mata yang terasa lelah atau terasa tegang sering dialami oleh beberapa individu dan umumnya membuat pasien merasa tak nyaman. Mata lelah jarang disebabkan kondisi yang serius namun juga bisa merupakan gejala dari penyakit tertentu yang mendasarinya. Penyebab mata lelah bisa dikaitkan karena aktivitas yang dilakukan pasien misalnya membaca terlalu lama dan di tempat gelap, bekerja menatap layar komputer terus menerus, menulis ataupun menyetir terlalu lama dan sebagainya. Handphone, komputer atau video game sering menjadi penyebab utama. Tipe kelelahan mata karena hal – hal tersebut sering dinamakan computer vision syndrome. Hal ini biasanya mempengaruhi 50 – 90% pekerja.

     

    Gejala mata lelah antara lain mata yang terasa nyeri atau terasa pedih, mata kering atau berair, susah untuk fokus, penglihatan kabur atau penglihatan ganda, meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya, nyeri di leher, bahu ataupun punggung. Gejala ini biasanya akan berkurang jika pasien menurunkan aktivitasnya misal dengan tidur. Umumnya gejala mata lelah bisa dicegah dengan memperbaiki aktivitas yang sering dilakukan misal jarak mata dengan layar diatur sejauh kurang lebih 20 inchi. Lakukan peraturan 20 – 20 – 20 yaitu tiap 20 menit tatap area yang letaknya sekitar 20 kaki selama 20 detik, hal ini dilakukan untuk mengistirahatkan mata di sela – sela aktivitas.

    Jika keluhan berlanjut atau memberat maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mata Sering Terasa Lelah dan Sakit di Kelopak Mata

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.