• Selamat pagi dok, saya mau tanya kalo sering nyeri di dada itu kenapa ya? Sama sering banget sakit di pundak bagian kanan dok.. terima kasih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Nyeri dada merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh beberapa individu. Penyebabnya pun beraneka ragam, bisa karena sebab ringan ataupun masalah tertentu yang lebih berat. Lokasi dada yang terkena, tipe nyeri yang dirasa, faktor lain yang mempengaruhi, lama keluhan, juga ikut memberikan informasi yang berguna untuk mengidentifikasi kemungkinan penyebab. Berikut beberapa kemungkinan penyebab nyeri dada antara lain:

    1. Akibat gangguan di otot. Rasa nyeri umumnya dipengaruhi oleh perubahan posisi tubuh tertentu.
    2. Akibat gangguan di tulang, misal akibat cedera atau benturan juga bisa menyebabkan keluhan nyeri dada.
    3. Penyakit lambung misal dispepsia ataupun gastroesofageal reflux disease (GERD).
    4. Penyakit jantung koroner misal miocard infark bisa menyebabkan keluhan nyeri dada terutama dada bagian kiri yang menjalar ke lengan kiri, ataupun ke rahang, punggung dan sebagainya.
    5. Penyebab lain

    Keluhan nyeri pada pundak juga bisa disebabkan banyak hal, paling sering karena gangguan muskuloskeletal (tulang dan otot) misal akibat olahraga berlebihan, trauma dan sebagainya.

    Untuk memastikan kemungkinan penyebab keluhan yang anda rasakan sebaiknya memang dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna membantu menegakkan diagnosis penyakit yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri Dada dan Sakit di Pundak

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.