• assalamualaikum. dok, saya mau tanya anak saya sudah 2x ini mulut bagian dalam keluar putih”. saya kira itu tdak co”k su” formulax n sya ganti dengan merk lain, tapi sudah seminggu ini putih” itu ada lagi..itu sebenarnya penyebabnya apa ya dok?? saya takut kenapa” dengan anak saya.mohon pencerahanx dok..makasih

    Waalaikum salam ww wb. Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bercak putih pada mulut bisa terjadi pada bayi, anak – anak hingga orang dewasa. Pada bayi dan anak, keluhan ini kerap kali muncul. Penyebabnya beraneka ragam antara lain karena sisa atau bekas susu yang tertinggal di dalam mulut bayi dan anak. Bercak susu ini jika tidak dibilas dengan air putih atau kumur – kumur dengan air bersih maka akan menempel pada mukosa mulut sehingga ketika bangun keesokan harinya bercak putih menjadi lebih lengket dan susah untuk dibersihkan.

    Selain itu, bercak putih di mulut bayi dan anak juga bisa muncul karena infeksi jamur. Jamur yang paling sering menyebabkan keluhan ini adalah Candida albicans penyebab kandidosis oral pada bayi dan anak. Gejala yang muncul berupa bercak – bercak putih menyerupai selaput yang melapisi mukosa pipi, lidah, dan juga langit – langit mulut.

    Perlu dipastikan apa penyebab keluhan tersebut. Jika karena jamur maka perlu anti jamur. Namun yang terpenting adalah ajarkan anak untuk menjaga kebersihan mulutnya dengan menggosok gigi atau pada bayi juga bisa dengan cara melap bagian mulut menggunakan washlap yang dibasuh dengan air hangat tiap anak makan atau minum susu. Pastikan agar kebersihan mulut terjaga terutama saat akan tidur malam.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Keluar Putih" di Dalam Mulut Anak

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.