• Siang dok, mau tanya..

    Apakah aman bagi ibu hamil 15 minggu jalan ini, melakukan hubungan suami istri? Kalau aman, adakah tips dan trik untuk menjaga keamanan si janin yang ada dalam rahim ibu…

    Terimakasih…

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Melakukan hubungan suami istri (seksual) saat hamil sebenarnya merupakan suatu tindakan yang relatif aman saat kehamilan. Sering kali pasangan menjadi enggan melakukan hubungan seks saat hamil terutama di kehamilan muda karena beberapa hal mulai dari rasa mual dan muntah (morning sickness) yang dialami istri sehingga membuatnya malas untuk berhubungan seks, rasa khawatir akan keselamatan janin yang dikandung hingga masalah – masalah lainnya. Jika alasannya karena khawatir akan keselamatan janin sebenarnya hal tersebut tak perlu terlalu dicemaskan karena sepanjang tidak ada keluhan saat kehamilan maka hal tersebut aman untuk dilakukan.

    Posisi saat berhubungan juga tidak ada yang spesifik harus dilakukan selama nyaman bagi kedua belah pihak. Namun sebaiknya menggunakan kondom saat berhubungan seks untuk menghindari kemungkinan infeksi yang bisa mengganggu ibu dan janin. Meski hubungan seks relatif aman, namun ada beberapa keadaan pada ibu hamil yang disarankan untuk menghindari hubungan seks yakni:

    1.       Ada keluhan perdarahan

    2.       Ada kebocoran air ketuban

    3.       Adanya riwayat kelahiran bayi prematur

    4.       Mulut rahim yang terbuka terlalu cepat

    5.       Adanya masalah saat kehamilan seperti plasenta previa

    6.       Dan lainnya

    Silakan anda konsultasi secara langsung dengan dokter untuk mendapat penjelasan sesuai kondisi anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Melakukan Hubungan Suami Istri Saat Hamil, Amankah?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.