• Hai dok. Saya mau tanya, beberapa hari yg lalu telinga kanan saya berdengung dan seperti ada yg mengganjal. Setelah browsing, saya memutuskan untuk pakai forumen obat tetes telinga. Setelah 3 hari pemakaian saya putuskan untuk membersihakan telinga saya dengan besi pembesih telinga, kemudian keluarlah kotoran telinga yg berbentuk seperti kulit tipis warna putih kecoklatan dan beberapa kotoran lembek yg menghitam

    Setelah itu keluar, telinga saya menjadi lebih enteng dan mendengar dengan lebih jelas

    Yang saya tanyakan, apakah kotoran yg putih kecoklatan seperti kulit itu memang kotoran telinga yg sudah lama menumpuk, atau saya salah dalam membersihkan telingga sehingga ada bagian telinga yg ikut terbawa ?

    Mohon bantuannya dok, terimakasih banyak dok

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf keterangan yang anda sampaikan sebenarnya masih kurang jelas. Untuk memastikan apakah kotoran yang keluar dari telinga anda setelah dibersihkan adalah benar kotoran telinga atau ada kulit yang terkelupas memang harus dilakukan pemeriksaan secara langsung. Namun sebenarnya jika memang ada lapisan kulit yang terkelupas saat anda membersihkan telinga, maka wajarnya pasti akan ada keluhan yang anda rasakan saat ini misalnya rasa nyeri di telinga, luka lecet dan lain sebagainya. Ada baiknya memang perlu kehati – hatian ekstra saat membersihkan kotoran telinga karena seringnya menimbulkan keluhan lain pasca tindakan tersebut yang disebabkan karena alat yang digunakan terlalu keras, kasar, terlalu kuatnya tenaga yang digunakan saat membersihkan sehingga membuat liang telinga lecet dan lain sebagainya.

    Serumen sebenarnya berfungsi untuk melapisi liang telinga dan berperan untuk menangkap debu dan kotoran lainnya yang masuk ke dalam telinga. Sifatnya yang lengket dan kental juga akan menghalangi benda – benda asing seperti serangga, debu dan lainnya untuk masuk. Sehingga sebenarnya serumen berfungsi sebagai salah satu sistem proteksi. Namun kadang kala serumen menimbulkan keluhan karena terlalu banyak ataupun kering menggumpal sehingga mengganggu pendengaran. Untuk kasus anda, jika memang ada keluhan yang menyertai ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter terutama dokter spesialis THT.

    Silakan baca link berikut:

    Cara Sehat Membersihkan Kotoran Telinga

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Membersihkan Telinga dengan Forumen

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.