• Salam,,

    Saya Ema usia 20 tahun, TB 163 BB 42, pernah ada gejala penyakit paru-paru tetapi sekarang sudah sembuh,.

    Di keluarga hampir semua saudara saya badanny kecil, padahal orang tua kalau menurut saya ideal saja. Namun kakak saya ada perubahan setelah menikah, berat badannya jadi naik.

    Saya merasa berat badan saya mulai turun ketika usia 9 tahun, makan teratur, minum susu, bahkan mengkonsumsi obat penggemuk juga saya coba, tetapi berat badan saya tidak ada perubahan..

    Menurut dokter apa yang harus saya lakukan, saya ingin menambah menambah berat badan saya agar tidak terlalu kurus..

    Terima kasih,..

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan, antara lain:

    1. Menjaga pola makan secara teratur yaitu tiga kali makan dengan porsi besar dan diselingi dengan 2 kali makan kecil. Sebenarnya perlu penghitungan asupan kalori secara tepat untuk mengetahui berapa kebutuhan kalori anda agar bisa menaikkan berat badan. Namun cukup sulit untuk dilakukan dalam forum ini, anda perlu konsultasi tatap muka dengan dokter atau ahli gizi. Namun anda bisa menaikkan jumlah asupan makanan dari asupan makanan anda biasanya.
    2. Mengkonsumsi sumber lemak sehat, seperti kacang-kacangan, produk susu, daging, alpukat, dan lain sebagainya. Hindari makanan mengandung lemak jenuh seperti santan, jeroan, makanan cepat saji.
    3. Konsumsi makanan tinggi protein seperti dada ayam, daging, keju, susu, ikan, telur, kedelai, tahu, tempe, dan lain sebagainya.
    4. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, roti, singkong dan lain sebagainya. Karbohidrat sangat berperan besar dalam menambah berat badan.
    5. Tingkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga secara teratur. Olah raga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan juga dapat meningkatkan massa otot anda.
    6. Tidur yang cukup untuk menjaga kondisi tubuh anda agar tetap fit dan tak terlalu lelah.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Menambah Berat Badan yang Benar Menurut Dokter

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.