• Bagaimana luka cacar air yang mengeluarkan nanah terdapat di wajah? Ada banyak cacar yang mengeluarkan nanah (sangat besar lubang cacarnya) di wajah saya. Umur saya 15 tahun, perempuan dan sekarang sedang cacar air. Bagaimana jika terdapat benjolan (bukan cacar air tapi sakit) dari dalam yang terdapat di rahang dekat telinga? Dan juga kenapa kebanyakan cacar airnya muncul di wajah? Daripada kaki atau tangan? Apa boleh wajah diberi air hangat untuk membersihkan bekas salep Acyclovir dan minyak wajah? Saya baru 2 hari yang mulai parah sakitnya. Sedangkan saya harus mengejar kbm disekolah (SMAN ** JKT). Tolong bantu saya dokter, apa perlu saya perawatan? Wajah saya sangat hancur. Saya juga ingin menjadi dokter spesialis nanti di PTN Jakarta. Terimakasih banyak dokter.

    selamat siang, Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com

    Cacar air yang begitu parah dan banyak terdapat pada wajah diperlukan perawatan atau perlakuan yang ekstra hati-hati, jika tidak maka luka cacar air bisa menjadi dalam dan akan menimbulkan bekas yang terlihat jelas.

    Upayakan jangan memecahkan atau memencet benjoan atau gelembung cairan cacar air. jika anda temui nanah atau cairan yang berwarna kekuningan atau kehijauan, maka sebaiknya anda segera periksakan ke dokter. jika sudah terbentuk nanah maka itu merupakan tanda adanya infeksi sekunder, infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

    Perlu diketahui bahwa infeksi cacar itu disebabkan oleh virus, virus ini tidak memerlukan pengobatan khusus. dengan menjaga pola makan yang sehat, istirahat yang cukup, dan upaya upaya lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh virus cacar akan hilang dengan sendirinya, cacar air akan sembuh.

    Penggunaan salep acyclovir sejauh yang saya ketahui tidak ada manfaatnya untuk menyembuhkan cacar air, Jadi mungkin perlu dipertimbangkan agar tidak menggunakannya. Daripada merepotkan dan berpotensi membuat pecahnya cacar air saat penggunaan.

    Usaha yang perlu kita lakukan hanya sebatas meringankan gejala gejala yang muncul, menjaga agar tidak timbul komplikasi yang berupa infeksi skunder dan juga bekas cacar air.

    Apabila nantinya cacar air sudah sembuh, tapi ternyata meninggalkan bekas yang membandel maka bisa dilakukan perawatan (kecantikan).

    Sekali lagi saya tekankan, hindari memencet atau memecahkan gelembung cairan cacar air, biarkan pecah atau kempes sendiri, karena apabila ini dilakukan berpotensi menimbulkan bekas cacar air yang nyata.

    Sekian, Semoga bisa bermanfaat

Beranda Tanya Dokter Cacar Air yang Parah di Wajah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.