• Siang dokter,

    Gini nih,  pada saat BAB, feses saya sangat keras, dan itu membuat lubang anus saya jadi berdarah. Karena kejadian ini sontak membuat saya menjadi takut untuk BAB, dan kejadian ini tidak pernah terjadi sebelumnya, ni udah ke yang 2x dok. Jadi tolong banget kasih saya petunjuk nya yah. Dan cara penyembuhan. Tolong yh dok. Terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluarnya darah dari anus karena buang air besar yang keras biasanya disebabkan karena hemorrhoid atau ambeien. Keluhan buang air besar disertai darah kerap kali dialami oleh beberapa individu. Ambeien merupakan gangguan pelebaran pembuluh darah di rektum dan anus yang dicetuskan karena bebarapa hal mulai dari tinja yang keras, mengejan terlalu kuat saat buang air besar, kehamilan dan masih banyak lagi. Keluhan yang muncul akibat hemorhoid berupa BAB berdarah berwarna merah. Jika individu tersebut terus terpapar oleh faktor resiko penyebab ambeien maka lama kelamaan penyakit ini akan memberat sehingga keluhan menjadi bertambah yaitu berupa keluarnya benjolan dari lubang anus. Pada tahap awal, benjolan bisa keluar masuk dengan spontan namun lama kelamaan benjolan tidak bisa masuk sendiri melainkan harus dibantu dengan jari. Pada tahap akhir, benjolan tidak bisa masuk sama sekali meskipun dengan bantuan.

    Jika keluhan baru berupa BAB berdarah saja artinya hemorhoid baru pada tahap awal saja sehingga masih bisa diberikan obat – obatan misalnya obat antihemorhoid yang dimasukkan ke dalam anus guna memperkecil pembuluh darah yang melebar dan menimbulkan perdarahan. Selain itu jaga juga asupan makan anda dengan memperbanyak konsumsi serat baik dari buah maupun sayuran serta memperbanyak asupan air putih.

    Silakan baca artikel terkait keluhan anda berikut:

    BAB Berdarah Tapi Tidak Sakit

    Cara Mengobati Ambeien / Wasir / Hemoroid

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengalami Pendarahan pada Anus, pada Saat BAB Keras

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.