• siang dok,, saya melanie,, saya mengalami pendarahan dikehamilan saya yang berusia 5 minggu,, saya sudah melakukan usg ke dok.kandungan,, menurut dokter,,rahim saya tidak mengalami pembukaan mulut rahim, tidak mengalami plasenta previa, tidak infeksi, tidak mengalami kehamilan etopik maupun dimulut rahim, tidak keputihan, namun berdasarkan usg kantung janin saya berada dirahim dengan baik berukuran 17mm, namun kantung janin saya kelihatan dilapisi lemak jadi kelihatan lebih besar dari normalnya, dok. menduga itu miom fungsional tidak menggangu, kantung janin belum kelihatan embrio, kemudian darah juga keluar didalam rahim, namun pendapat terakhir dari dokter kandungan saya,,, belum dapat dipastikan apa penyebab pendarahan tersebut, jadi masih harus di observasi 2 minggu kedepan,,, jadi yang mau saya tanyakan dok, sebenarnya apa penyakit yang saya alami? apa penyebab pendarahan rahim tersebut? apakah mengancam keguguran?apakah saya mengalami kehamilan tidak berkembang dan mengancam keguguran?

    Sebelumnya Saya Ucapankan Terima Kasih.

    Selamat sore

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Perdarahan di trimester pertama kehamilan merupakan keluhan yang sering terjadi. Keluhan ini bisa disebabkan karena hal ringan atau masalah tertentu yang lebih serius. Sekitar 20 persen wanita hamil mengalami perdarahan pada kehamilan trimester pertama. Beberapa kemungkinan penyebab keluhan tersebut antara lain:

    1. Perdarahan akibat implantasi janin. Wanita bisa mengalami perdarahan dalam waktu enam hingga 12 hari pasca telur yang dibuahi menempel di dinding uterus (rahim).
    2. Keguguran (abortus). Perdarahan di 12 minggu pertama kehamilan sering kali diakibatkan oleh keguguran. Hampir setengah dari wanita yang mengalami keluhan perdarahan disebabkan oleh karena keguguran, tetapi tidak selalu wanita hamil yang mengalami perdarahan akan kehilangan bayinya, khususnya jika anda tidak memiliki keluhan lain yang menyertai. Keluhan lain yang dialami orang yang keguguran antara lain nyeri perut bagian bawah dan jaringan yang melewati vagina.
    3. Kehamilan ektopik. Perdarahan yang terjadi pada kehamilan ektopik terjadi karena telur yang dibuahi berimplantasi di luar uterus (rahim), biasanya di tuba falopi. Jika embrio terus tumbuh, maka bisa menyebabkan tuba falopi rusak, dan bisa mengancam jiwa. Walaupun kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan) sangat berbahaya, namun hanya terjadi pada sekitar 2 persen kehamilan.
    4. Penyebab lainnya

    Mohon maaf saya tidak bisa menjelaskan penyebab pasti keluhan yang anda alami karena untuk menjelaskan secara gamblang harus dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang. Silakan anda berkonsultasi secara langsung ke dokter yang memeriksa anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pendarahan pada Kehamilan 5 Minggu

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.