• Selamat pagi dok. SAya mau tanya, aq dah BAB di sertai darah ini udah 1 bulanan lebih. Tapi sekarang malah disertai perut bagian kiri terasa sakit. Penyakit apa ya dok yg aku rasa kan ini? Tolong solusinya ya dok. Makasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi online gratis di mediskus.com.

    Keluhan BAB kecil – kecil disertai keluar darah bisa disebabkan karena beberapa hal tergantung gejala penyertanya, lamanya keluhan dirasakan, bagaimana warna darahnya, bagaimana perjalanan penyakit tersebut dirasakan dan lain sebagainya. Namun secara umum akan saya paparkan beberapa kemungkinan penyebabnya yaitu antara lain:

    1. Hemorrhoid atau biasa disebut ambeien. Awalnya ambeien terjadi karena pasien susah buang air besar atau disebut juga konstipasi. Hal ini membuat pasien berusaha mengeluarkan tinjanya dengan mengedan sehingga membuat pembuluh darah dalam rectum dan anus melebar sehingga membuat munculnya gejala perdarahan saat BAB (darah berwarna merah), kadang disertai nyeri. Dan jika berlanjut terus dapat keluar benjolan dari anus yang dapat keluar masuk hingga tidak bisa dimasukkan kembali.
    2. Kanker kolorektal memiliki gejala diare atau malah konstipasi (susah BAB), rasa tidak lampias saat BAB (perut seperti terasa masih belum kosong sepenuhnya setelah BAB), darah di feses, nyeri perut, rasa begah atau penuh pada perut meskipun pasien belum makan, berat badan turun, ada benjolan di perut, dan lain sebagainya.
    3. Dan masih banyak lagi.

    Untuk memastikan silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Karena harus dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung, atau pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan agar dapat ditentukan diagnosis penyakit anda secara pasti serta mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengalami Penyakit BAB di Sertai Keluarnya Darah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.