• dok mau tanya mama saya kan terkena penyakit leukimia CML . trombositnya turun menjadi 9000 lalu ditransfusi darah 10 kantong tapi ko masih turun juga yah menjadi 7000. itu bagaimana yah agar trombositnya tidak semakin menurun ?

    Waalaikum salam ww wb. Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Trombosit berperan penting dalam proses pembekuan darah. Namun banyak keadaan patologis yang menyebabkan penurunan kadar trombosit (trombositopenia), salah satunya adalah akibat leukemia. Akibat trombositopenia dapat meningkatkan resiko terjadinya perdarahan hebat, bahkan hanya dengan cedera ringan. Trombositopenia ini menjadi penyebab utama terjadinya perdarahan pada pasien leukemia. Penurunan kadar trombosit pada pasien leukemia terjadi biasanya karena adanya infiltrasi ke sumsum tulang yang mengakibatkan sumsum tulang dipenuhi oleh sel leukemia, atau juga karena efek samping yang ditimbulkan akibat obat – obat kemoterapi. Namun juga bisa karena sebab lain misalnya proses imounologi, akibat DIC dan lain sebagainya.

    Pasien leukemia yang mendapatkan transfusi trombosit juga memiliki resiko adanya aloimunitas sehingga menyebabkan terbentuknya aloantibodi yang dapat menyebabkan terjadinya destruksi (penghancuran) trombosit. Oleh karena itu tak heran jika penurunan kadar trombosit masih tetap terjadi setelah dilakukan transfusi trombosit ataupun produk darah lainnya. Pada pasien dengan aloantibodi maka transfusi trombosit menjadi tidak efektif atau gagal untuk dilakukan.

    Untuk memastikan kondisi anda ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter yang merawat anda karena pada hakikatnya dokter tersebut yang lebih paham dengan kondisi anda dan langkah – langkah apa yang terbaik bagi kondisi anda tersebut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mengapa Trombosit Turun Setelah di Transfusi ?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.