• Dok, mohon pencerahannya, saya kalau sehabis olahraga atau bekerja suka berkeringat dan anehnya keringat itu makin ga enak baunya, bagaimana mengatasi?. Upaya bagaimana yang bisa saya lakukan untuk mengurangi bau badan saya, adakah obat apotek dan atau obat alami yang bisa menghilangkan bau badan akibat keringat ini?. Sekian, terimakasih atas jawabannya.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keringat merupakan suatu mekanisme normal tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Banyaknya keringat biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal misalnya akibat aktivitas kelenjar keringat yang berlebihan, saat melakukan aktivitas fisik yang padat, saat udara panas, olahraga, saat demam dan lain sebagainya. Keringat sebenarnya tidak menimbulkan bau namun jika bercampur dengan debu, kotoran di badan, kulit mati yang menumpuk, bakteri ataupun jamur yang banyak berkembang di tubuh maka bisa menimbulkan bau yang tak sedap. Oleh karena itu jika bau badan seseorang sangat menyengat maka perlu diperhatikan kebersihan kulitnya sehari – hari.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan bau badan yang tak sedap atau bau keringat menyengat antara lain:

    1. Mandi yang teratur sebanyak 2 kali perhari.
    2. Pastikan seluruh badan sudah digosok atau dibersihkan dengan sabun dan dibilas hingga benar – benar bersih dengan air bersih.
    3. Keringkan badan dengan baik agar tidak lembab.
    4. Sebaiknya sering ganti pakaian ketika badan telah lembab. Jangan menggunakan pakaian berulang.
    5. Gunakan deodoran untuk membantu menjaga kekeringan dan keharuman daerah ketiak.
    6. Pastikan juga tidak ada infeksi bakteri ataupun jamur yang terjadi pada anda dengan memeriksakan diri ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengatasi Bau Badan Menurut Dokter

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.