• Dok saya ingin tanya. Semalam saya diare hingga saat ini, tp yg keluar bukan feses yg lembek atau cair. Melainkan air yg bercampur dengan sedikit ampas2 feses.

    Semalam juga saya sempat muntah hanya sekali saat BAB, dan perut juga kembung. Tapi sekarang perut tidak kembung, malah ganti sedikit mules. Bagaimana saya harus mengatasi diare yg keluar nya hanya air itu dok?? Mohon penjelasan nya,

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gangguan buang air besar sering kali dialami oleh beberapa individu. Keluhan yang sering muncul umumnya berupa BAB berulang atau diare, BAB berdarah atau keluhan susah BAB atau sembelit. Keluhan buang air besar dengan konsistensi cair lebih dari 3 kali dalam sehari disebut juga sebagai diare. Diare bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari infeksi (baik karena infeksi bakteri, virus atau mikroorganisme lainnya), karena gangguan pada lambung, keracunan makanan, dan lain sebagainya.

    Pertama – tama harus harus dipastikan apakah diare yang anda alami terjadi karena infeksi atau bukan yang tentu saja perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Selain itu perlu dipastikan ada tidaknya tanda – tanda dehidrasi atau kekurangan cairan yang dialami. Untuk tatalaksana diare yang paling penting adalah mengganti cairan yang keluar lewat tinja dan muntah dengan memperbanyak konsumsi air baik air putih, oralit dan lain sebagainya. Jika diare terjadi karena infeksi bakteri maka perlu pemberian antibiotik namun jika karena sebab lainnya cukup dengan mengatasi cairan yang keluar sehingga mencegah dehidrasi. Silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda dan mendapat terapi yang paling tepat.

    Silakan baca artikel berikut:

    9 Penyebab Mencret Diare dan Cara Mengatasinya


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mengatasi Diare Disertai Perut Kembung

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.