• 9 bln setelah herpes zoster masih mengalami gangguan saraf tepi  bahkan gangguan penglihatan bgmn cara mengatasinya

     

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Herpes zoster disebabkan karena infeksi virus herpes zoster yang umumnya menyerang kulit. Gejala yang muncul antara lain berupa demam lalu diikuti keluhan munculnya ruam pada kulit yang berupa bintik – bintik kecil bergerombol yang berisi air umumnya sebesar jarum pentul, biasanya disertai rasa nyeri dan pedih pada kulit yang terkena. Seperti penyakit infeksi virus lainnya, maka penyakit herpes zoster ini sebenarnya bisa sembuh sendiri. Lama penyembuhan tergantung sistem imun pasien. Semakin baik kondisi imun pasien, maka makin cepat juga proses penyembuhannya serta semakin sedikit penyebaran lesi yang muncul.

    Komplikasi yang sering muncul akibat herpes adalah berupa neuralgia post herpetk (NPH), keluhan ini sering dialami pada orang tua yang terinfeksi herpes zoster. Neuralgia post herpetik merupakan gangguan pada saraf tepi yang berlangsung kronik, nyeri ini muncul pada fase penyembuhan infeksi herpes zoster dan nyerinya biasanya berlangsung 3 bulan atau lebih bahkan ada yang hingga menahun.

    Pengobatan yang diberikan pada pasien herpes zoster dengan neuralgia post herpetik  umumnya hanya bersifat simptomatik saja untuk mengurangi gejala, misal dengan pemberian obat analgetik untuk mengurangi nyeri. Pemberian antibiotik bisa diberikan jika memang ada infeksi sekunder. Istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang bergizi seimbang, konsumsi asupan suplemen seperti imunomodulator dapat berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh pasien. Hal ini penting karena semakin baik daya tahan tubuh anda, semakin cepat pemulihan. Silakan anda berkonsultasi ke dokter secara langsung terutama dokter syaraf untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai jika memang rasa nyeri sangat berlebihan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

     

Beranda Tanya Dokter Mengatasi Keluhan Paska Herpes Zoster

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.